Definisi Bau Badan | Cara Menghilangkan Bau Badan


APA ITU BAU BADAN??

Bau  badan  (BB) ,  yang  disebut juga  dengan bromhidrosis, osmidrosis atau ozochrotia  merupakan fenomena,yang sering ditemukan pada populasi pascapubertas. Bromhidrosis merupakan keadaan kronis yang ditandai dengan bau yang berlebihan, biasanya bau tidak enak yang keluar dari kulit, lebih sering terjadi karena hasil sekresi kelenjar apokrin daripada kelenjar ekrin.

Permasalahan bau badan ini tidak saja dapat mengganggu hubungan sosial seseorang, namun juga dapat menjadi petan da higiene yang bur uk dan dapat berh ubungan dengan penyakit tertentu.

Bromhidrosis lebih sering ditemukan di banyak negara di Asia. Walaupun belum ada laporan mengenai insidens penyakit, stigma buruk masyarakat terhadap kondisi ini mengarahkan pasiennya untuk mencari pengobatan. Awitan bromhidrosis apokrin biasanya terjadi setelah pubertas dan lebih sering ditemukan pada populasi kulit hitam, misalnya pada populasi Afrika Amerika.1 Kelainan ini lebih sering terjadi pada laki-laki  dibandingkan  dengan perempuan, kemungkinan disebabkan oleh aktivitas kelenjar apokrin pada laki-laki lebih tinggi. Tidak terdapat kecenderungan geografis pada kejadian bromhidrosis apokrin, walaupun musim panas dan cuaca hangat dapat memicu terjadinya penyakit. Bromhidrosis ekrin dapat terjadi pada semua ras dan usia, serta lebih sering terjadi pada masa anak.

Saat ini berbagai perkembangan modalitas terapi dapat digun akan ,mulai dari  te api konven sional dengan penggunaan antiperspiran dan deodoran, sampai dengan perkembangan teknik pembedahan yang semakin baik. Hal tersebut mengarah pada kepuasan pasien yang lebih baik, komplikasi yang minimal, waktu penyembuhan yang cepat, dan angka rekurensi yang rendah.

TIPS Mengatasi Bau Badan 


Meskipun tidak berbahaya, tetapi bau badan sering menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri, bahkan merasa minder. Namun jangan khawatir, nyatanya ada berbagai cara sederhana yang bisa diterapkan untuk mengatasi bau badan secara alami, di antaranya: 

  1. Mandi Secara Teratur

    Menjaga badan tetap bersih menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan menyerang. Untuk menghindari kondisi tersebut, biasakan untuk rutin mandi setidaknya satu hingga dua kali dalam sehari. Mandilah dengan bersih dan pastikan untuk membersihkan daerah rawan keringat yang bisa menimbulkan bau badan, seperti ketiak.
  2. Pilih Sabun yang Tepat

    Memilih jenis sabun yang digunakan untuk mandi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi dan mencegah bau badan. Untuk mengatasi masalah bau badan, kamu bisa mencoba menggunakan sabun mandi yang mencantumkan label antibakteri. Jenis sabun yang satu ini disebut bisa membantu mengendalikan bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan juga akan berkurang.
  3. Mengeringkan Badan setelah Mandi

    Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan badan dengan benar, terutama area yang bisa menghasilkan keringat. Mengeringkan tubuh dengan benar akan membuat bakteri penyebab bau badan susah berkembang biak. Gunakan handuk yang tepat untuk menghindari masalah yang mungkin muncul di kulit dan hindari kebiasaan berbagi handuk sekalipun dengan anggota keluarga.
  4. Gunakan Deodoran

    Apakah deodoran bisa membantu mengatasi masalah bau ketiak? Jawabannya bisa. Deodoran bekerja dengan cara membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhannya. Karena itu, tidak ada lagi penyebab bau badan bisa muncul. Meski begitu, penggunaan deodoran tidak bisa menghentikan keluarnya keringat dari tubuh. Artinya, masih ada kemungkinan bau badan bisa muncul.

     
  5. Pakaian yang Tepat

    Salah memilih pakaian juga bisa menyebabkan keringat “terperangkap” dan memicu keluarnya bau tidak sedap. Maka dari itu, pastikan untuk memilih jenis pakaian yang terbuat dari bahan nyaman dan tidak menyebabkan keringat keluar secara berlebihan. Selain itu, pastikan untuk mengganti pakaian setiap hari untuk mengurangi risiko munculnya bau badan.

  6. Perhatikan Asupan Makanan

    Selain penggunaan deodoran secara rutin, kamu juga bisa mencegah bau ketiak dengan rutin mengosumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang bisa memicu bau badan. Selain itu, selalu membersihkan tubuh dan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit juga bisa mencegah munculnya bakteri pemicu bau ketiak.


Comments

Popular posts from this blog

INDERA PENGECAP ( LIDAH ) / BAGIAN LIDAH / penyakit lidah

DEFINISI GIGI , MACAM-MACAM GIGI , BAGIAN-BAGIAN GIGI

DEFINISI TELINGA | BAGIAN-BAGIAN TELINGA | PENYAKIT PADA TELINGA

DEFINISI HIDUNG | BAGIAN HIDUNG | PENYAKIT PADA HIDUNG

DEFINISI TENTANG KUKU | STRUKTUR KUKU | PERTUMBUHAN KUKU | MASALAH / PENYAKIT PADA KUKU