Wednesday, 9 March 2011

SISTEM RESPIRASI

Kali ini, saya ingin membahas tentang Sistem Respirasi.Respirasi adalah proses menghasilkan energi melalui oksidasi bahan makanan didalam sel-sel tubuh. Respirasi dibagi menjadi 2 (dua) : yaitu respirasi eksternal dan respirasi internal. Respirasi eksternal yaitu respirasi yang terjadi saat udara masuk paru-paru,terjadi pertukaran gas O2 (Oksigen) dan CO2 (karbondioksida). Respirasi internal yaitu pertukaran gas terjadi antara darah dan cairan jaringan. Gas O2(oksigen) yang sampai pada sel akan digunakan untuk membuat energi (ATP) yang dinamakan Respirasi Sel.
Alat-alat Respirasi
a.Rongga Hidung
Rongga Hidung merupakan tempat pertama kali masuknya udara kedalam tubuh. Bau udara yang masuk dikenali oleh indra pembau, kemudian udara masuk ke faring.
b.Faring
faring merupakan daerah pertemuan saluran respirasi dan saluran pencernaan makanan. Pada Faring terdapat katup penutup rongga hidung yang disebut uvula atau anak tekak.
c.Laring
Laring merupakan daerah pangkal batang tenggorokan. Laring terdiri atas kepingan tulang rawan yang membentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorok.
d.Trakea
trakea merupakan saluran respirasi berbentuk pipa yang terdiri atas gelang-gelang tulang rawan dengan panjang sekitan 10 cm.
e.Paru-paru
paru-paru dibungkus oleh selaput yang disebut pleura. Pleura terdiri atas selaput dalam (pleura viselaris) dan selaput luar (pleura parietalis). Pada paru-paru kanan terdapat 3 lobus. Sedangkan paru-paru kiri 2 lobus. Setiap lobus terbagi atas lobulus-lobulus dan masing-masing lobulus memiliki bronkiolus dengan sejumlah alveolus.
f.Bronkus dan Bronkiolus
Bronkus dan Bronkiolus merupakan percabangan dari trakea.bronkus bercabang menjadi bronkus kanan dan kiri. Bronkus kanan bercabang menjadi 3 bronkiolus, sedangkan bronkus kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Masing-masing pembuluh bronkiolus berakhih pada alveolus.
g.Alveolus
Alveolus merupakan ujung dari saluran respirasi yang dibangun oleh epitel skuamosa sederhana. Alveolus memiliki dinding yang sangat tipis dan elastis. Pada permukaan luarnya terdapat banyak kapiler darah sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran O2 (oksigen) dan CO2 (karbondioksida) secara difusi. Pada paru-paru terdapat lebih dari 300juta alveolus.

Mekanisme pernapasan
Saat bernapas , proses inspirasi dan ekspirasi diatur oleh otot-otot diafragmadan otot antartulang rusuk. Berdasarkan proses inspirasi dan ekspirasi, mekanisme pernapasan manusia dibedakan atas pernapasan dada dan pernapasan perut.
Volume udara pernapasan
Dalam keadaan biasa , orang dewasa normal menghirup dan menghembuskan udara sebanyak lebih kurang 500 ml yang disebut volume tidal (udara pernapasan).
Frekuensi Pernapasan
Pada orang dewasa normal, frekuensi pernapasan berkisar antara 15 sampai 18 kali setiap menit pada saat melakukan aktivitas berat. Beberapa faktor yang mempengaruhi frekuensi pernafasan, antara lain :
- Aktivitas tubuh
- Usia
- Jenis kelamin
- Suhu tubuh
- Posisi tubuh
- Kadar O2 maupun CO2 di udara.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Blogroll

Google+ Friends