Saturday, 20 April 2013

Mengapa Perlu sih "DETOKSIFIKASI" ?

DETOKSIFIKASI (detoks / detox)    

Toksin atau racun dalam tubuh adalah zat kimia yang berbahaya yang berasal dari makanan yang tidak sehat, rokok, obat-obatan kimia, polusi dan penyebab yang lain. Apabila racun tersebut terakumulasi dan tidak bisa dikeluarkan, maka akan timbul berbagai penyakit dan mengakibatkan kerusakan jaringan dan organ dalam tubuh.

MENGAPA PERLU DETOKSIFIKASI ?
 
Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dalam tubuh. Secara alamiah tubuh kita mempunyai organ untuk detoksifikasi yakni ginjal, hati dan usus. Apabila racun dalam tubuh sudah melampaui batas dan terakumulasi, fungsi ginjal, hati dan usus akan terganggu dan tidak bisa mengeluarkan semua racun sehingga mengakibatkan berbagai kerusakan dan penyakit. Begitu racun berhasil dilepaskan, tubuh akan mempunyai kesempatan untuk sehat kembali. Tubuh yang bersih dari racun biasanya mempunyai kulit yang sehat sebagai tandanya.

KEUNTUNGAN DETOKSIFIKASI
 
Detoksifikasi memperbaiki energi dan kinerja organ-organ tubuh, memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih sehat dan cerah, melancarkan pencernaan dan buang air besar secara teratur, membantu penyembuhan berbagai penyakit. Memperlambat proses penuaan (anti aging), meningkatkan fertilitas (mudah untuk hamil) dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

DETOKSIFIKASI YANG IDEAL BAGI TUBUH
 
Program detoksifikasi sebaiknya melibatkan tiga organ yang penting, yaitu ginjal, hati dan usus. Proses pembuangan racun tersebut sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan atau setahun sekali. Setiap orang mempunyai metabolisme yang berbeda dalam proses detoksifikasi. Akan muncul tanda-tanda tertentu sebagai akibat pembersihan racun dalam jumlah besar. Tanda-tanda yang muncul akan berbeda pada setiap orang, karena sangat tergantung pada banyaknya racun dan tingkat sensitivitas tubuh pada perubahan.

NUTRISI UNTUK SISTEM PENCERNAAN
 
Kesehatan dan penyembuhan berawal dari sistem pencernaan yang baik. Pencernaan yang baik dapat menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan, yang akhirnya mampu membantu sel-sel tubuh meregenerasi menjadi sel-sel tubuh yang lebih sehat.

NUTRISI UNTUK SISTEM PEREDARAN DARAH
 
Darah merupakan unsur yang sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk membawa semua nutrisi penting ke seluruh jaringan tubuh dan pada saat yang bersamaan juga berfungsi membawa zat racun yang tidak dibutuhkan untuk dibuang.

Jika kinerja organ detoksifikasi mengalami penurunan, racun akan terakumulasi dan tersirkulasi dalam darah. Radikal bebas adalah racun yang tersebar di seluruh tubuh. Ciri awal jika darah penuh dengan racun, akan terlihat pada kulit (kulit kurang cerah, alergi, gatal-gatal, psoriasis).

Hal-hal yang dapat MENGHAMBAT detoksifikasi
 
* Kurang minum air putih
* Obat-obatan
* Tidak mengikuti program dengan benar
* Terlalu banyak konsumsi: alkohol, gula, garam dan lemak.

TIPS & SARAN selama detoksifikasi
 
* Makan banyak buah & sayuran segar dan ikan dalam jumlah sedang.
* Buah & sayur direkomendasi karena sangat mudah dicerna.
* Minum banyak air putih minimal 1,5 liter per hari.
* Hindari minum saat makan (minum +/- 1 jam setelah makan).
* Makan sebelum lapar - dan berhenti sebelum kenyang.
* Hindari makan berlebihan.
* Saat detoks, adalah saat untuk kembali ke makanan yang alamiah.
* Latihan fisik/olahraga.
* Berjalan kaki paling kurang 30 menit setiap hari untuk tetap bugar.
Setelah detoksifikasi, anda akan merasa :
Lebih Segar - Lebih Ringan - Lebih Nyaman - Lebih Rileks - Lebih Bersemangat - Lebih Kreatif - Lebih Bermotivasi - Lebih Produktif

(Sumber : http://infosehat911.blogspot.com/)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Blogroll

Google+ Friends