Monday, 13 June 2011

Gejala penyakit Mata merah yang mudah menimbulkan kebutaan



Gejala penyakit Mata merah yang mudah menimbulkan kebutaan.
Penderita dengan keadaan mata merah sering menganggap enteng gejala ini. Tidak jarang penderita mengusahakan mengobati sendiri. Penderita mencoba dengan obat tetes mata yang dijual bebas, obat tetes anti biotika, obat tetes tradisionil, bahkan ada yang mencoba dengan air urine.

Keadaan Mata merah, bisa saja merupakan suatu gejala penyakit mata yang dapat disembuhkan dengan obat tetes mata antibiotik saja, bahkan dapat sembuh sendiri. Namun mata merah banyak merupakan gejala penyakit mata yang harus segera ditangani oleh dokter. Dan mata merah ini…akan menyebabkan kelainan mata yang lebih buruk atau menimbulkan kebutaan.

Nah, tanda tanda apa saja dan gejala apa saja yang menyertai mata merah yang dapat membedakan keadaan tersebut…?

Kita tinjau dahulu keadaan mata merah. Mata merah tampak karena adanya pelebaran serta bertambah banyaknya pembuluh darah pada dinding bola mata, termasuk selaput bola mata ( konyungtiva) atau sebagian besar dinding bola mata ( sklera.). Bahkan kornea ( selaput bening mata ) pun dapat terjadi karena invasi pembuluh darah dari konyungtiva.

Gejala mata merah, harus dilihat gejala gejala penyerta lainnya. Agar penderita segera memeriksakan ke dokter spesialis mata agar dapat segera ditangani. Apakah disertai penurunan ketajaman penglihatan dan rasa sakit yang sangat ?

Mata merah, dengan kotoran mata yang sangat banyak dan berwarna kuning seperti nanah, terasa sakit. Apalagi penderita sudah berusaha mengobati sendiri. Ada kemungkinan besar karena infeksi bakteri Gonokokus. Bakterin ini penyebab kencing nanah. Bakteri ini mudah ditemukan pada pemeriksaan laboratorium.
Keadaan mata merah ini harus segera ditangani karena gampang terjadi perforasi kornea., mata kences, sehingga mudah terjadi kebutaan .

Keadaan mata merah, rasa sakit kepala yang dalam, disertai ketajaman penglihatan yang berangsur angsur memburuk. Harus diwaspadai adanya peradangan di organ iris (diafragma mata) yaitu Iridosiklitis. Peradangan iris menyebabkan kekeruhan sel sel nanah dalam mata ( humor aquos), disertai perlengketan iris terhadap lensa mata.
Jenis mata merah ini harus segera ditangani oleh dokter, karena harus diberikan obat kortikosteroid dosis tinggi. Agar reaksi radang harus segera hilang, kebutaan dapat dicegah.

Mata merah, rasa sakit kepala yang dalam, disertai menurunnya ketajaman penglihatan dapat disebabkan glukoma. Mata merah ini disertai peninggian tekanan bola mata, bola mata bila di di tekan oleh kedua jari tangan akan terasa keras seperti kelereng. Keadaan ini harus segera ditangani dokter, karena mengancam terjadinya kebutaan. Penurunan ketajaman pengliahatan atau Kebutaan yang timbul tidak akan kembali normal, bersifat permanent, walaupun dilakukan operasi. Ini karena terjadi kerusakan syaraf mata.

Mata merah, rasa sakit, berair disertai adanya riwayat trauma zat kimia atau masuknya benda asing pada kornea. Ini juga harus dilakukan tindakan segera untuk mencegah kebutaan. Bila karena zat kimia harus segera dilakukan bilas mata, sedangkan benda asing pada mata harus segera dibuang benda asing tersebut.

Mata merah, rasa sakit yang sangat dapat disebabkan endoftalmitis. Rongga mata terisi penuh oleh nanah. Ini dapat disebabkan infeksi mata yang tidak tertangani dengan baik. Dapat juga timbul karena trauma atau paska operasi mata yang terjadi infeksi. Keadaan ini harus segera ditangani oleh dokter mata untuk menyelamatkan matanya dengan jalan operasi vitrektomi.

4 comments:

  1. ass wr wb sangat bermanfaat sekali artikeln dan informasinya, makasih
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah sharing, caranya sangat baik.. semoga manjur caranya.. :) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  3. Menjaga kesehatan tubuh dan kebal terhadap berbagai cuaca tentuya harus kita lakukan dengan maksimal mungkin. Artikel di atas salah satu bermanfaat tipsnya. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete

 

Blogger news

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Blogroll

Google+ Friends